Trik Membuat Brosur Penawaran yang Efektif

Saturday, February 8th 2014. | Mengembangkan Bisnis

 

Brosur merupakan salah satu media yang sering digunakan untuk melakukan penawaran kepada konsumen. Konsumen biasanya akan tertarik menggunakan produk setelah melihat hal-hal menarik yang disampaikan melalui brosur tersebut. Semakin menarik brosur penawaran, maka peluang konsumen untuk datang dan menggunakan produk akan semakin besar. Namun tidak semau jenis brosur dapat menarik hati konsumen. Seperti apakah brosur penawaran yang tepat dalam menarik perhatian konsumen? Berikut ini adalah tipsnya untuk Anda:

1.      Pesan Efesien

Agar pesan yang disampaikan efektif, gunakanlah kalimat-kalimat yang sederhana. Hindari penggunaan kalimat dan istilah rumit yang belum tentu dimengerti oleh semua orang. Sebaiknya pilih kalimat yang lumrah di masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen Anda. Brosur ibarat sales dalam bentuk manuskrip, oleh karena itu buatlah agar informasi yang ingin diketahui semuanya dapat tertera di dalam brosur tersebut.

2.      Sesuai realitas

Sebaiknya apa yang dimuat di dalam brosur sesuai dengan apa yang Anda tawarkan. Jangan mengimbuhkan hal-hal yang sebetulnya tidak ada di dalam produk Anda. Banyak contoh brosur yang menggunakan kalimat-kalimat ambigu untuk mendongkrak promosinya, seperti menyertakan diskon, bonus pembelian, dan lain-lain. Padahal kenyataannya itu hanyalah pancingan agar konsumen ramai berdatangan.

Hindari pula memuat gambar atau unsur pendukung lainnya secara berlebihan, karena konsumen tidak akan menyukai hal tersebut. Sebaliknya, konsumen justru akan memandang rendah produk Anda dan menjauhi karena menilai Anda telah berlebihan dalam melakukan promosi.

3.       Gunakan Kalimat yang Mengedukasi

Kesalahan dalam berpromosi yang sering ditemukan akhir-akhir ini adalah menggunakan bahasa promosi yang berlebihan, bahkan cenderung bodoh. Lihatlah bagaimana jargon atau tagline yang berlebihan dalam menawarkan produk dengan menyertakan istilah-istilah dalam bahasa asing. Padahal penggunaan bahasa asing tersebut belum tentu benar secara terjemahannya.

Sebagai pengusaha yang baik, selain menjual produk Anda juga harus bisa mengedukasi konsumen Anda. Oleh karena itu gunakanlah istilah yang tepat dan proporsional tanpa menghilangkan pesan komersil melalui brosur tersebut.

4.      Pahami karakter Konsumen

Dalam membuat brosur, Anda juga harus memperhitungkan karakter konsumen Anda berdasarkan faktor-faktor seperti pendidikan, profesi, dan usia. Tidak mungkin apabila konsumen Anda adalah orang-orang tua, Anda kemudian menggunakan bahasa pergaulan khas anak muda. Begitupun dengan sebaliknya, jangan menggunakan bahasa di dalam brosur yang terlalu kaku kepada konsumen dari kalangan muda.

 

(Bayuaji Alviantoro)

Related For Trik Membuat Brosur Penawaran yang Efektif