Promosi di Social Media Dongkrak Omzet Penjualan

Wednesday, February 5th 2014. | Mengembangkan Bisnis

Anda tahu bahwa pengguna internet di Indonesia setiap tahun bertambah? Menurut Lembaga Riset MarkPlus Insight dan Marketeers, jumlah pengguna internet di tahun 2012 adalah 62 juta jiwa. Angka tersebut bertambah sebanyak 22% di tahun 2013 atau sama dengan 74,57 juta jiwa. Bahkan dipresiksikan pengguna internet di Indonesia akan bertambah sampai 100 juta di tahun 2015. Sebanyak 95% dari netizen tersebut mengakses internet dengan menggunakan perangkat mobile atau smartphone dan didominasi untuk mengakses social media. Social media menjadi sasaran empuk untuk membangun hubungan dengan konsumen agar trafik penjualan bisa meningkat. Namun, terdapat 3C yang harus Anda ketahui saat memanfaatkan media sosial untuk bisnis Anda.

1.      Content

Content yang baik adalah yang memiliki nilai atau manfaat. Seberapa manfaatkan isi konten di social media—baik Twitter, Facebook, atau website—untuk konsumen? Sebagus atau seterkenal apa pun perusahaan, jika menampilkan isi konten yang tak bagus tentunya tak akan menarik perhatian. Ada banyak macam konten yang bisa Anda buat, di antaranya ebook, blogspot, audio interview, web seminar ataupun video. Semakin beragam konten yang ada, tentu akan lebih menarik perhatian pengunjung. Dan yang paling penting: jangan pernah malas untuk meng-update isi konten Anda. Konten yang tidak diperbarui akan membuat citra perusahaan Anda menjadi tidak profesional.

2.      Community

Salah satu adanya tujuan promosi melalui pendekatan social media adalah menambah penjualan. Namun, ada satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tak ada satu pun yang suka menjadi target produk Anda. Dengan perkembangan yang cepat, media sosial bisa menjadi ajang bertemunya Anda dengan audience atau konsumen. Bangunlah networking yang baik dengan cara membuat sebuah komunitas. Semakin dekat dengan “target”, semakin dikenalnya brand Anda di khalayak umum. Apalagi jika konten yang Anda share sangat bermanfaat, mereka ingin kenal siapakah admin di balik konten tersebut. Maka dari itu membangun sebuah komunitas dan dialog dua arah dengan followers dan fans menjadi hal yang sangat penting. Jika belum memiliki followers yang banyak, bersikap aktif di media sosial menjadi hal penting. Caranya bisa dengan membalas komentar followers di social media atau Anda bisa mengundang siapa pun untuk bisa menulis isi konten blog.

3.      Commerce

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa adanya social media untuk meningkatkan trafik ke website sehingga transaksi jual-beli terlaksana. Semua hal tersebut bisa dilakukan di mana saja, bahkan saat kondisi apa pun. Menarik bukan? Maka dari itu, jika berbicara tentang social media akan kembali lagi ke konten. Buatlah konten yang menarik dan berkualias sehingga Anda bisa mengajak konsumen untuk membeli produk. Jika Anda sudah mendapat kepercayaan konsumen maka akan sangat mudah melakukan pendekatan bisnis ke mereka.

 

(Herti Annisa/dari berbagai sumber)

Related For Promosi di Social Media Dongkrak Omzet Penjualan