Inilah 4 Strategi Mengembangankan Bisnis Anda

Monday, February 3rd 2014. | Mengembangkan Bisnis

Dunia bisnis dewasa ini berkembang dengan sangat cepat, banyak kompetitor-kompetitor baru bermunculan. Di satu sisi, banyak pemain lama yang turut bertumbangan akibat tersisih oleh kerasnya persaingan pasar. Bagi mereka yang oportunis, hal tersebut justru menjadi peluang untuk ikut mengembangkan usaha mereka lebih jauh lagi. Bagaimanakah caranya agar usaha Anda bisa berkembang mengikuti pasar yang selalu berubah? Berikut adalah strateginya:

  1. Cermat melihat peluang baru

Pangsa pasar dalam dunia bisnis tidak terbatas pada satu atau dua tempat saja, akan tetapi lebih luas daripada yang bisa Anda perkirakan. Agar bisnis dapat lebih berkembang, maka Anda mutlak harus mendapatkan target pasar baru. Oleh karena itu, cermatilah peluang yang ada di sekitar Anda. Jangan remehkan peluang sekecil apa pun karena bisa jadi profit usaha Anda di masa mendatang justru datang dari sana.

 

  1. Inovatif

Ada kalanya konsumen menginginkan hal baru. Apabila mereka sudah tidak puas dengan yang Anda berikan, tidak menutup kemungkinan mereka akan pindah ke kompetitor yang produknya lebih inovatif sesuai keinginan mereka. Jangan ragu untuk melakukan inovasi terhadap produk Anda sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Pelajarilah teknologi baru agar Anda selalu selangkah di depan kompetitor.

 

  1. Terus belajar

Kondisi pasar tidak pernah pasti, terkadang menguntungkan, namun tidak jarang menempatkan Anda dalam kesulitan. Lakukan analisa pasar setiap saat agar Anda mampu menempatkan diri dalam posisi yang menguntungkan setiap saat. Pelajari pula kelemahan usaha Anda, karakteristik konsumen, dan peluang-peluang baru agar Anda dapat menentukan arah kebijakan untuk mengembangkan usaha ke depannya.

 

  1. Responsif terhadap konsumen

Konsumen adalah bagian yang tidak terpisahkan di dalam dunia bisnis. Loyalitas merekalah yang menentukan keberhasilan usaha Anda ke depannya. Sudah tidak terhitung berapa banyak perusahaan yang ditinggal konsumen karena merasa kecewa kritikan mereka tidak ditanggapi. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada konsumen dan usaha Anda! Oleh karena itu, jangan sepelekan masukan atau kritikan yang diberikan oleh konsumen. Bisa jadi kritikan atau masukan tersebut membuat usaha Anda bisa lebih berkembang dan tumbuh seperti yang Anda harapkan.

(Bayuaji Alviantoro)

Related For Inilah 4 Strategi Mengembangankan Bisnis Anda