Pelajar Juga Bisa Jadi Pengusaha!

Wednesday, February 12th 2014. | Marketing

Jika berbicara mengenai usaha, pelakunya bisa berasal dari mana saja. Pelajar yang masih mengenyam bangku sekolah salah satunya. Menjadi pelajar bukan berarti harus stuck belajar, ngerjain pekerjaan rumah, atau mendengarkan guru di sekolah. Jika kamu adalah pelajar yang kreatif dan sedikit peka dengan kebutuhan teman-teman sekitar, kamu bisa mencoba untuk usaha kecil-kecilan. Pelajar bisa dibilang memiliki waktu yang banyak, apalagi usaha bisa dilakukan di sekolah. Bagaimana kamu mengatur waktu yang ada sebaik mungkin

Dengan membuka usaha sejak dini, kamu akan terbiasa dengan proses berdagang yang akan melatih kamu jika ketika dewasa memilih menjadi entrepreneur ketimbang seorang karyawan. berbisnis ketika masih sekolah pun sebaiknya jangan dianggap terlalu serius karena kamu masih memiliki tanggung jawab belajar. Ditambah kamu masih tinggal dengan orang tua yang masih menghidupi kebutuhan sehari-hari. Jadi, anggap bisnis sebagai langkah belajar dalam mencari pengalaman bisnis. Atau mungkin kamu memiliki barang imipan yang ternyata tak bisa dikasih orang tua? Bisnis menjadi ladang uang tambahan. Peluang usaha bagi pelajar memang masih sedikit karena kamu masih berkutit dengan tugas sekaolah yang menyebabkan kamu tak bisa fokus sepenuhnya, plus pengalaman nol. Namun, apa saja usaha yang kira-kira bisa kamu lakukan?

1.      Pulsa

Perkembangan teknologi yang semakin cepat mengantarkan hampir seluruh pelajar memiliki handphone. Kamu bisa membuka usaha ini diawali dengan teman sekelas dan teman satu organisasi. Bahkan, jika promosinya cukup gencar konsumen bisa merambah hingga ke kelas lain bahkan guru. Memang, yang memiliki usaha seperti ini memang banyak. namun, lakukan promosi yang berbeda. Kamu bisa kok mematok harga yang lebih murah dibandingkan pesaing. Meskipun keuntungan sedikit, jika yang membeli banyak tentu keuntungan yang didapat lebih besar ketimbang harga yang mahal dan sepi pembeli. Apalagi pelajar biasanya mencari harga yang lebih murah.

2.      Les Privat

Siapa yang bilang bahwa untuk mengajar harus memiliki ijazah universitas? Jika kamu merasa bahwa memiliki kemampuan di bidang akademik dan komunikasi, ada baiknya menjadi guru privat. Usaha jasa ini bisa kamu mulai dengan amati di lingkungan sekolah atau rumah. Temui tetangga kamu yang memiliki anak seusia SD untuk bisa mengajar anaknya. Minta rekomendasi dari orang tua kamu—khususnya ibu—biasanyaampuh untuk menarik konsumen.

 

3.      Menulis

Untuk yang satu ini, memang tak semua memiliki keahlian menulis. Menulis menjadi salah satu contoh usaha yang tidak perlu dianggap serius. Namun, jika kamu memiliki bakat menulis cobalah untuk mengirimkan naskah fiksi atau nonfiksi ke majalah atau surat kabar. Memang untuk yang satu ini biasanya memiliki proses yang panjang. Tetapi, setelah tulisanmu masuk, jumlah imbalannya cukup banyak dan namamu akan “mejeng” di media massa. Keren, bukan?

4.      Usaha Kreatif

Contoh usaha kecil yang bisa kamu lakukan adalah membuat aksesori berupa pin, gantungan kunci, atau stiker. Meski terbilang keuntungannya tak besar, nyatanya pelajar banyak yang suka barang-barang seperti itu. Kreatif menjadi modal utama jika kamu ingin memiliki usaha seperti ini. Awali dengan banyak bertanya kepada teman-teman apa yang mereka butuhkan dan jangan lupa untuk amati apa saja yang sedang in. Jiwa muda biasanya lebih mudah ikut perkembangan zaman hanya karena sebuah gengsi. Maka dari itu, kamu harus up to date apa saja yang sedang digemari oleh anak muda.

(Herti Annisa)

Related For Pelajar Juga Bisa Jadi Pengusaha!