4 Kunci Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis

Monday, February 3rd 2014. | Persaingan Bisnis

Tidak bisa terelakan jika kita sudah terjun di dunia bisnis, pasti akan mengalami persaingan usaha. Persaingan usaha ini bisa menjatuhkan bisnis Anda atau justru membuat bisnis Anda menjadi melejit keuntungannya. Dalam menghadapi persaingan, kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif supaya usaha yang dijalankan bisa terus berkembang.

Berikut ini merupakan kunci menghadapi persaingan bisnis yang perlu Anda miliki yaitu:

  1. Analisa Para Pesaing Usaha Anda

Dalam hal ini kita melihat bagaimana kompetitor kita menjalankan bisnisnya. Kita cukup mencermati apa kira-kira yang menjadi keunggulan dari usaha yang dijalankan pesaing kita itu. Namun, jangan terlalu menyibukan diri dengan hanya melihat perkembangan bisnis pesaing Anda. Hal ini akan membuat Anda lupa dengan bisnis yang sedang jalankan. Usahakan agar Anda lebih fokus pada usaha Anda sendiri.

2. Lakukan Inovasi yang Kreatif

Buatlah beberapa inovasi yang memiliki ciri khas tersendiri dari usaha sejenis yang mungkin sama dengan kegiatan usaha Anda. Usahakan agar bisnis Anda memiliki perbedaan dari bisnis lain, terutama dalam membuat inovasi dari bisnis para pesaing Anda. Perbedaan ini akan menjadi keunikan dan identitas tersendiri dari usaha yang kita jalani. Jangan ragu-ragu dalam melakukan inovasi karena hal ini akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

 

  1. Buatlah Harga yang Terjangkau

Tentukanlah harga yang bersaing dan masuk akal dari apa yang kita tawarkan. Harga dapat menentukan image kita dimata konsumen. Kita harus teliti menentukan harga, buatlah harga yang relatif lebih murah tetapi jangan mengabaikan kualitas dari produk usaha Anda. Sesuaikan antara kualitas dan harga agar konsumen merasa senang dan kita tidak mengalami kerugian.

 

  1. Layani Kosumen dengan Sepenuh Hati

Perkembangan bisnis yang kita miliki tentunya terlihat dari banyaknya konsumen yang kita miliki. Untuk memikat hati konsumen, buatlah konsumen merasa nyaman dan berikan pelayanan dengan sepenuh hati. Tentu kita tidak asing dengan kata “Pembeli adalah Raja”. Kita harus memperlakukan konsumen kita dengan ramah, sopan dan bantu keinginan konsumen sebaik mungkin.

 

(Renaldi Ardiansyah/dari berbagai sumber)

Related For 4 Kunci Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis