Ketika BBM Naik, Pengusaha Harus Bisa Bertahan!

Monday, February 17th 2014. | Marketing

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) selalu menimbulkan efek yang berkepanjangan. Kenaikan yang terasa tergesa-gesa membuat banyak pengusaha kecil harus ekstra berpikir bagaimana terus bertahan. Mengingat, ketika BBM naik maka biaya lain akan juga naik. Sebut saja bahan baku produksi, biaya transportasi, biaya distribusi, dan biaya operasional lainnya yang harus dikeluarkan pengusaha kecil dengan pendapatan yang tak seberapa. Banyak yang memutuskan untuk menaikkan harga jual dengan asumsi profit bertambah. Namun apakah menaikkan harga menjadi solusi ketika terjadinya kenaikan BBM?

Berikut tips yang bisa pengusaha kecil lakukan jika kenaikan BBM terjadi.

  1. Ketika pemerintah menetapkan naiknya BBM, banyak pengusaha berbondong-bondong menaikkan harga. Padahal banyak pula konsumen yang akan mengerem pembeliaan jika melihat  harga naik. Konsumen cenderung memcari alternatif produk lain yang lebih terjangkau di kantung. Untuk menyiasatinya, sebaiknya lakukan penyesuaian ukuran. Anda bisa memangkas ukuran tanpa harus menaikkan harga jual. Hal ini memberik efek psikologis kepada konsumen bahwa harga produk Anda tidak naik.
  2. Ketika kenaikan BBM terjadi, Anda harus mengatur ulang biaya produksi yang ada. Maksimalkan produktivitas karyawan dan meningkatkan fungsi-fungsi produksi sehingga menghasilkan produk dan jasa secara efisien. Penggunaan bahan baku yang berlebihan pada akhirnya hanya akan terbuang karena tidak terpakai. Sebagai pengusaha, Anda harus cermat memprediksi masalah produk, tekan biaya produksi lainnya agar ongkos dan biasaya produksi semakin kecil sehingga barang yang dijual bisa kompetitif di pasar. Perhatikan biaya yang dikeluarkan dan tekan biaya yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  3. Hemat penggunaan listrik. Kebiasaan menyalakan AC pada saat ruangan kosong atau penggunaan listrik, kertas, air, dan TV secara berlebihan juga sebenarnya membuang-buang biaya operasional. Biaya distribusi dan transportasi juga akan menaik tajam. Pilih vendor jasa pengiriman sebaik mungkin dengan harga yang tetap tejangkau. Dengan teknologi yang canggih sebenarnya memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. Jika biasanya Anda dan kolega meeting di luar kantor, di mana hal tersebut akan mengeluarkan biaya tambahan, lebih baik saat ini dikurangi. Manfaatkan fasilitas teknologi informasi secara baik dan jadinya pekerja smart.
  4. Dorong karyawan atau SDM Anda untuk bekerja secara efektif dam efisien. Latih SDM dalam menggunakan waktu istirahat dengan tepat, bekerja berdasarkan term of reference yang sudah ada, hingga pelatihan dalam kecekatan dan keterampilannya. Jika sudah melakukan di atas, Anda mungkin tidak perlu gusar ketika harga BBM diisukan naik. Bijaklah dalam mengatur keuangan Anda demi kelangsungan bisnis yang sudah dibangun.

(Herti Annisa)

Related For Ketika BBM Naik, Pengusaha Harus Bisa Bertahan!