Kenali 6 Promosi untuk Kaum Wanita

Wednesday, February 5th 2014. | Marketing

Sebuah penelitian di Universitas Hertfordshire Inggris yang dilakukan oleh Profesor Psikologi Karen Pine menemukan 79% wanita mengatakan berbelanja dapat menghibur diri mereka. Benar? Hal tersebut seolah dapat dibuktikan dengan lebih dominannya kaum wanita—dari pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan. Kecenderungan wanita yang lebih emosional dapat terlihat ketika berbelanja. Banyak kasus, barang-barang dalam catatan yang harus dibeli acap kali seperti “salah sasaran” atau dibeli tidak semestinya. Meskipun wanita sangat suka berbelanja tanpa ada iming-iming apa pun, nyatanya ada enam trik yang bisa Anda tawarkan bagi mereka. Karena biasanya wanita mudah “luluh” ketika melihat promosi yang ada seperti ini.

1.      Diskon

Biasanya, di pusat perbelanjaan dan di moment-moment tertentu seperti hari raya Islam atau Natal akan ada diskon besar-besaran hingga 70%. Hal tersebut terjadi karena tingkat pembelian meningkat. Hal tersebut bisa dilakukan, meskipun usaha Anda tak sebesar departement store. Anda bisa memberikan diskon jika konsumen membeli barang dengan jumlah minimun yang sudah ditentukan.

2.      Gratis

Siapa yang tak suka barang gratis? Mau pria atau wanita pasti suka dengan barang gratis, meskipun wanita akan kehilangan kontrol saat menemukan kata gratis dibandingkan dengan pria. Di minimarket dekat rumah, mungkin Anda pernah melihat sebuah produk yang berhadiah piring atau gelas. Hal tersebut ternyata mampu menarik minat wanita. Anda juga bisa menerapkan sistem “beli dua, gratis satu” sehingga barang bisa lebih laku terjual dengan menyiasati menambahkan harga terlebih dahulu. Atau ada cara lain yang bisa Anda lakukan, jika tak mau mengratiskan produk yang serupa. Misalnya, ada penjual gadget dan bisa menggratiskan sebuah antigores kepada pembeli.

 3.      Voucher

Selain dua hal di atas, ternyata wanita sangat suka dengan voucher. Anda dapat memberikan voucher Rp 50.000 dengan pembelian di atas Rp 250.000 yang bisa ditukarkan langsung sebagai diskon pembelian barang saat itu juga atau barang lain dengan nominal yang sama.

4.      Promo Limited Offer

Saat melihat barang diskon, ada wanita yang masih menggunakan akal sehatnya untuk menimbang apakah harus dibeli saat hari itu juga atau menunggu gaji keluar. Namun, jika Anda memberikan tenggat waktu barang diskon, kemungkinan besar mereka tak perlu berpikir lama demi mendapatkan barang yang diinginkan.

5.      Promo Package

Sadarkah Anda bahwa ibu rumah tangga biasanya akan lebih perhitungan dibandingkan remaja wanita. Mereka yang sudah bekerluarga cenderung berpikir berkali-kali lipat ketika membeli barang meskipun sudah di diskon. Namun, ada cara lain untuk “menjaring” tipe konsumen seperti itu. Gunakanlah promo package, maksudnya tidak sadar mereka membeli dua barang dengan harga yang murah, padahal mungkins aja kebutuhannya hanya satu. Namun, karena tergiur dengan harga yang lebih murah akhirnya memutuskan untuk membeli. Misalnya sebuah tempat makan untuk anak seharga Rp 30.000, tetapi dengan membeli dua menjadi Rp 50.000. taktik seperti itu ternyata ampuh untuk ibu rumah tangga.

6.      Promo Trial

Tak berbeda jauh dengan promo gratis. Maksud promo trial biasanya dilakukan bagi usaha yang baru dibuka. Misalnya kita membuka usaha salon, untuk bisa mempromosikan secara gratis ke masyarakat luas, lakukanlah trik ini. Karena tanpa disadari kaum wanita merupakan pelanggan paling loyal karena bisa mempromosikan produk ke kerabat tanpa harus dibayar, ketika mereka merasa puas dengan produk yang sudah dicoba. Free trial ini diberikan untuk item tertentu yang bisa didapatkan oleh kalangan tertuntu pula. Maka dari itu, mengamati siapa taget atau konsumen Anda menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai melakukan trik yang bisa merugikan usaha Anda.

 

(Herti Annisa)

 

Related For Kenali 6 Promosi untuk Kaum Wanita