Katering Aqiqah Modal Rp 10 juta, Omzetnya Rp 500 Juta per Bulan

Friday, February 7th 2014. | Marketing

Proses kelahiran, bagi orang tua–khususnya ibu merupakan moment yang paling membahagiakan. Lahirnya sang buah hati, membuat banyak orang tua yang beragama Islam melakukan proses aqiqah. Hukum aqiqah menurut kalangan Syafii dan Hambali adalah sunah muakkadah. Proses dilakukannya aqiqah bertujuan untuk menambah keberkahan dan cerminan rasa kebahagiaan atas lahirnya sang anak dan untuk mempererat tali silaturahmi.

Sahabat Aqiqah merupakan salah satu jenis usaha yang berlokasi di Jalan Teuku Umar Raya No. 32, Karawaci, Tangerang. Usaha yang didirikan oleh Romlih memang bertujuan untuk memudahkan orang tua dalam menjalankan salah satu sunah dalam agama Islam. Awalnya ia hanya memiliki satu kantor pusat pada tahun 2007. Namun, usaha produk dan jasa ini sudah memiliki 11 cabang tambahan, yaitu di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Balaraja-Serang, Tangerang Selatan, Bekasi, Bogor, Cibitung, dan Depok.

Ketika dihubungi oleh tim redaksi Grow Profit, Romlih mengatakan terdapat beberapa paket yang disediakan oleh Sahabat Aqiqah, salah satunya adalah paket kambing. Untuk paket kambing, terdapat tipe A, B, C, D, super, super+, istimewa, dan istimewa+ yang berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 3.000.000. Paket kambing tersebut digunakan untuk keperluan aqiqah, yang meliputi jasa pemotongan, pengolahan, hingga diantar gratis yang hanya melingkupi daerah Jabodetabek.

Dengan menarik tarif memasak dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000, menu untuk aqiqah berupa sate dan gulai bisa sampai di rumah konsumen. Porsinya pun sesui dengan tipe kambing yang dipilih. Untuk per satu kambing bisa menghasilkan 100 tusuk sate hingga 800 tusuk sate dan 50 porsi hingga 150 porsi gulai. Menu-menu tersebut diolah sendiri oleh pihak Sahabat Aqiqah sehingga mereka menjamin kualitas rasa hingga kehalalan daging.  Tak hanya menawarkan jasa antar gratis yang disediakan, Sahabat Aqiqah juga memberikan bonus risalah dan dokumentasi penyembelihan sesuai dengan kebutuhan.

“Kami juga memiliki tempat penyalur paket aqiqah, dari untuk yayasan, panti asuhan, kaum dhuafa, hingga pondok pesantren,” jelas Romli.

Sahabat Aqiqah memiliki penyaluran daging di beberapa wilayah seperti Tangerang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Depok, Bogor, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat hingga Bekasi yang jika ditotal mencapai 35 tempat. Untuk memudakan proses pemanggangan daging kambing untuk konsumen, Romlih membeli tiga buah pemanggang BBQ 6 Burner tipe ETK-233 yang dibeli dari Toko Mesin Cabang Tangerang. Sebelumnya, Sahabat Aqiqah memiliki mesin pemanggang dengan merek lain. “Ada perbedaan ketika saya memakai mesin dari Maksindo. Mesinnya lebih kuat sehingga lebih awet dan lebih mudah dibersihkan,” ceritanya ketika dihubungi via telepon.

Tak hanya paket kambing atau aqiqah, Sahabat Aqiqah juga memiliki tiga paket lainnya, yaitu paket nasi box, paket berbuka dan sahur ramadhan, dan paket qurban. Untuk paket nasi box berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 26.000 tergantung dari isi, jika pake berbuka dan sahur ramadhan dipatok antara Rp 17.500 hingga Rp 20.000. Sedangkan untuk paket prasmanan seharga Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per porsi. Paket-paket tersebut diantar langsung ke konsumen menggunakan motor boks yang dimiliki.

Terkadang, kondisi jalan yang tak menentu menjadi satu-satunya kendala yang dihadapi ketika akan mengantar pesanan konsumen. Kini, usaha yang katering bermodalkan Rp 10 juta sudah memiliki 50 orang karyawan dengan omzet per bulan Rp 500 juta.

(Herti Annisa)

 

Related For Katering Aqiqah Modal Rp 10 juta, Omzetnya Rp 500 Juta per Bulan