5 Kiat Jitu Melakukan Promosi Tepat Sasaran

Thursday, February 6th 2014. | Marketing

Kegiatan promosi merupakan salah satu usaha dalam menginformasikan bisnis yang kita jalani. Promosi ini bisa membantu konsumen untuk mengetahui lebih dalam segala bentuk produk dan segala hal terkait bisnis kita. Promosi ini juga bisa menaikan penjualan bisnis.  Dalam melakukan promosi terdapat teknik-teknik tertentu agar yang kita lakukan tepat pada sasaran. Selain itu, kita harus memperhatikan cara promosi yang kita lakukan agar dapat menarik konsumen dan bermanfaat lebih bagi bisnis kita.

Berikut ini 5 kiat jitu yang dapat membantu Anda melakukan promosi tepat sasaran, yaitu:

1.      Tentukan Target Pasar

Langkah ini merupakan langkah pertama atau dasar dari segala bentuk promosi. Kita harus cermat melihat siapa saja konsumen kita sehingga kita menyesuaikan apa saja yang akan kita sampaikan, bagaimana penyampaiannya, kapan dan di mana kita bisa mempromosikan bisnis kita.

2.      Tentukan Tujuan Promosi

Kita sebelumnya harus mengetahui tujuan dari promosi yang kita lakukan ini untuk apa terlebih dahulu. Kita bisa mengambil promosi dengan menawarkan berbagai produk yang paling banyak diminati, promosi dengan menampilkan diskon tertentu atau bahkan kita bisa memilih promosi dengan mengenalkan produk teranyar dari bisnis kita

3.      Buat Isi Pesan yang Menarik

Konsumen akan sangat melihat dengan teliti pesan yang terkandung dalam promosi yang kita lakukan. Isi pesan dalam promosi sangat penting, karena dalam penyampaiannya menentukan minat atau ketertarikan konsumen terhadap produk yang kita tawarkan. Pesan yang diambil dalam melakukan promosi harus dicermati sehingga penggunaannya dapat dengan jelas maksud dan tujuannya.

4.      Pilih Sarana Promosi

Sarana promosi ini harus dicermati agar konsumen sebagai target kita mengetahui dengan mudah isi pesan yang kita sampaikan. Terdapat 2 sarana dalam melakukan promosi yaitu personal dan non-personal. Promosi personal ini dilakukan langsung berbicara dengan konsumen baik tatap muka ataupun via telepon. Cara ini dianggap paling efektif melihat konsumen dapat bertanya langsung tentang apa saja yang dibutuhkan dan informasi yang diberikan lebih jelas dan lengkap. Sedangkan promosi non-personal dapat melalui media sosial sperti Facebook, Twitter, E-Mail, dan lain lain. Atau bisa melalui brosur, selembaran, banner, dan sebagainya. Cara ini merupakan promosi berupa iklan yang dalam pengemasannya sebaiknya sangat atraktif/menarik agar mengundang konsumen untuk mengetahui lebih dalam produk yang kita tawarkan. Promosi yang dilakukan dengan cara ini akan memakan cukup biaya besar dalam menjalankannya.

5.      Buat Anggaran Promosi

Kegiatan promosi tentunya memiliki anggaran tersendiri. Anggaran promosi ini bisa meninjau lebih lanjut efektifitas promosi yang kita lakukan. Kegiatan promosi ini bertujuan untuk meningkatkan pemasukan dari bisnis yang kita jalani. Jadi, anggaran promosi ini harus berbuah keuntungan lebih bagi bisnis kita dikemudian hari.

 

Sudahkah Anda melakukan hal di atas? Salam sukses.

(Renaldi Ardiansyah/dari berbagai sumber)

 

Related For 5 Kiat Jitu Melakukan Promosi Tepat Sasaran