5 Kesalahan Bisnis Jatuh

Tuesday, February 4th 2014. | Mengembangkan Bisnis

            Jatuh bangun, hidup dan mati-nya sebuah bisnis itu tergantung dari bagaimana cara yang dilakukan oleh pengusahanya. Paling lama hitungan sebuah bisnis bisa bertahan adalah selama 5 tahun. Belum sampai menuju ke atas 5 tahun sudah banyak binis yang berjatuhan. Untuk itu perlu persiapan matang dalam mengembangkan bisnis.

Antara lain penyebab bisnis jatuh karena 4 alasan di bawah ini;

1.      Mereka tidak mempersiapkan SDM sejak awal bisnis itu didirikan.

Karena mereka beranggapan bahwa bisnis itu bisa mereka kerjakan sendiri. Pada dasarnya bisnis itu membutuhkan kesiapan SDM, terlebih ketika bisnis yang Anda bangun itu mulai tumbuh—maka tidak mungkin lagi Anda kelola sendiri bisnis tersebut. Pada saat bisnis mulai tumbuh, Anda membutuhkan SDM (bantuan orang lain/ karyawan yang sesuai dengan bidangnya masing-masing).

 

2.      Beranggapan produk yang mereka jual itu bisa terjual dengan sendirinya.

Ketika membangun sebuah bisnis, maka  Anda perlu mengembangkan jaringan promosi agar produk yang Anda jual itu dikenal dan ketahui oleh orang lain. Promosi sederhana yang digunakan para pengusaha baru adalah menggunakan cara berpromosi dari mulut ke mulut atau menggunakan media sosial sebagai jaringan toko bagi Anda dalam memamerkan produk yang Anda jual.

 

3.      Tidak mengerti cara menyusun laporan keuangan

Kebanyakan pebisnis pemula kerap mencampuradukkan antara uang pribadi dengan uang hasil dari penjualan bisnis. Hal itu karena mereka tidak mengerti cara menyusun laporan keuangan. Penting bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis agar mengerti kondisi kesehatan keuangan dari bisnis yang dikelola. Dengan mengetahui keuangan perusahaan, maka semua keputusan bisnis harus melihat pada kondisi keuangan. Karena itu perlu memahami laporan keuangan. Untuk itu Anda bisa merekrut tenagan akuntansi untuk membantu Anda dalam membuat laporan penjualan dari produk bisnis yang Anda jalankan.

 

4.      Tidak tahu caranya mendongkrak penjualan

Banyak pengusaha yang jatuh dan mati lantaran mereka tidak fokus dan terlalu menggebu-gebu menambahkan produk jualannya, dengan tujuan untuk menggenjot penjualan. Hal ini kerap terjadi, dan justru bisa membuat mereka lelah karena harus berlarian mencari produk baru. Padahal bisnis itu bisa tumbuh karena mereka fokus pada jenis produk yang dijual. Jadi, jangan terburu-buru menambah atau mengganti produk lama Anda dengan produk baru. Perhatikan investasi modal usaha itu baru bisa Anda tanamkan bila bisnis Anda mulai berkembang dan tumbuh. Daripada Anda mengeluarkan investasi baru dan menyedot biaya besar—lebih baik Anda fokus pada produk lama yang Anda jual. Lakukan riset terlebih dahulu agar Anda tahu jenis produk apa yang sekiranya urgent untuk Anda tambahkan sebagai produk baru yang memang sedang dibutuhkan oleh konsumen.

 

5.      Tidak memiliki sistem

Kunci agar bisnis Anda bisa tumbuh adalah dengan membuat sistem pada bisnis Anda. Tidak perlu membuat sistem yang rumit, buat pengaturan kerja yang jelas dan transparan. Jadi biarkan sistem itu bekerja untuk bisnis Anda. Meskipun kehadiran Anda pada bisnis itu tidak harus full. Dengan adanya sistem pada bisnis Anda, maka pekerja Anda dapat melakukan jalannya bisnis sesuai dengan sistem bisnis yang Anda buat.

Coba Anda kaji ulang lagi, apakah Anda melakukan 5 kesalahan seperti disebutkan di atas? Apabila Anda melalukan kesalahaan seperti—maka dapat menyebabkan bisnis yang Anda bangun tidak akan pernah tumbuh dan berkembang.

 

(Eni Setiati)

 

 

 

 

 

Related For 5 Kesalahan Bisnis Jatuh