4 Jurus Ampuh Lumpuhkan Pesaing

Thursday, February 6th 2014. | Persaingan Bisnis

Menjalankan bisnis tidak selamanya berjalan mulus. Tentu saja kehadiran “pesaing” akan menjadi warna dalam kegiatan bisnis yang dilakukan. Banyaknya pesaing bisnis di depan kita tentu cukup mengkhawatirkan. Pastinya kita tidak ingin konsumen jatuh ketangan pesaing bisnis. Untuk terus mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, kita tentu dituntut untuk terus menjaga kualitas dan juga pelayanan. Bukan hanya itu saja, perbedaan yang kita miliki dari para pesaing tak kalah penting untuk menjaga keeksisan bisnis kita di pasaran.

Perbedaan yang dimiliki dari bisnis kita menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Perbedaan ini juga merupakan identitas dari bisnis yang kita jalani. Maka dari itu, perbedaan ini haruslah memiliki “karakter” sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingat kita. Untuk meciptakan perbedaan dari para pesaing bisnis tentu banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah strategi dalam melakukan perbedaan dalam bisnis:

1. Penampilan yang Menarik

Penampilan merupakan hal pertama yang akan dilihat konsumen. Penampilan menarik, rapih, bersih, enak dilihat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen kita. Hal tersebut tentu akan mendorong keinginan bagi mereka untuk mengunjungi bisnis kita. Selain itu buatlah keunikan tersendiri dari penampilan bisnis kita. Keunikan ini merupakan pembeda dan ciri khas dari bisnis yang kita rintis itu. Biasanya warna-warna cerah menjadi daya pikat sendiri mengingat warna akan enak dilihat dan diamati para pembeli kita.

2. Memiliki Keunggulan

Dunia bisnis tertu sangat sensitif sekali mengenai persaingan kualitas. Kualitas ini akan menjadi image yang akan terbangun sendirinya oleh konsumen. Menjaga kualitas yang prima menjadi prioritas utama jika bisnis kita sudah berjalan lama. Konsumen juga tentu tidak akan keberatan untuk membayar lebih mahal produk yang ditawarkan jika mereka juga merasa puas dan aman terhadap kualitas yang kita berikan.

 

3. Memberikan Kesan Praktis

Kepraktisan ini akan mempermudah konsumen untuk tertarik pada produk yang kita tawarkan. Kita harus memiliki solusi bahwa produk yang kita tawarkan lebih praktis dibandingkan para pesaing kita. Para konsumen saat ini sangat menuntut kecepatan, ketepatan dan kemudahan dalam menggunakan segala sesuatu. Dalam urusan makan dan minum pun kesan instan banyak diminati oleh banyak orang. Hal seperti inilah yang patut kita buat dalam bisnis kita.

 

4. Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik membuat kepercayaan konsumen terhadap usaha kita akan tumbuh. Mereka juga pasti akan setia dan datang kembali untuk membeli produk kita lagi. Pelayanan yang ramah, baik, hangat akan membuat konsumen kita merasa puas dalam memenuhi kebutuhannya. Penggunaan seragam bagi setiap karyawan merupakan langkah tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Selain itu juga, seragam ini menjadikan identitas dari bisnis yang kita jalani dan memenuhi kriteria kerapihan dalam berpenampilan.

 

(Renaldi Ardiansyah/dari berbagai sumber)

 

 

Related For 4 Jurus Ampuh Lumpuhkan Pesaing